Kamis, 03 Mei 2012

Renungan sebelum bobok: Tentang IBU

Saat berumur 1 tahun, ibu menyuapi kita makanan dan memandikan kita. Tapi kita hanya membalasnya dengan menangis sepanjang malam.

3 tahun, ibu menyediakan dan menyuapi kita dengan makanan yang lezat dan bergizi, namun kita membalas kebaikannya dengan menumpahkan makanan itu kelantai.

4 tahun, ibu membelikan krayon warna untuk kita, tapi kita membalasnya dengan mencoreti dinding dirumah.

7 tahun, ibu mengantar kita ke sekolah, tapi kita menolaknya dan berkata,"TIDAK MAU!"

10 tahun, ibu mengantar kita untuk menghadiri les, berbelanja, dan kerumah teman. namun, kita tidak pernah menoleh kebelakang dan mengucapkan terima kasih.

11 tahun, ibu membelikan sebuah bola untuk kita. tapi kita membalasnya dengan memecahkan kaca kerumah tetangga kita.

12 tahun, ibu senantiasa menasehati kita agar jangan selalu menonton tv. namun, kita tidak pernah mempedulikan nasehatnya, dan terus menonton bila ibu tiada dirumah.

13 tahun, ibu menegur gaya rambut kita yang dirasanya kurang sopan. tapi kita membalasnya dengan mengatakan,"IBU INI MODE!"

16 tahun, ibu ingin pelukan kita setelah lelah seharian bekerja. namun kita membalasnya dengan mengunci diri dikamar dan memilih sendirian.

17 tahun, ibu menangis bangga melihat kita lulus dengan hasil yang memuaskan. tapi kita tidak pulang kerumah karena lebih memilih berpesta dengan teman teman semalaman.

19 tahun, ibu mengeluarkan uang yang banyak agar kita bisa kuliah, dan mengangkat tas kita dengan penuh rasa kasih sayang. namun, kita membalasnya dengan menyalami ibu diluar karena malu dilihat oleh teman teman.

25 tahun, kita sudah berumah tangga dan ibu menangis bahagia dan berkata ibu sangat menyayangimu. namun, kita membalasnya dengan pindah dan berjauhan dengan ibu sejauh 300 km.

27 tahun, ibu menelepon kita dan memberikan nasehat tentang menjaga bayi. tapi kita membalasnya dengan berkata,"zaman sekarang sudah beda!"

40 tahun, ibu menelepon dan memberitahu hajat di kampung dan berharap kita pulang, namun kita membalasnya dengan mengatakan,"saya sibuk!"

50 tahun, ibu sakit dan memerlukan penjagaan dan kasih sayang dari kita. namun kita hanya menjenguknya sebentar dan menceritakan alasan tentang kesibukan ditempat kerja lalu segera balik kekota.

Hingga suatu hari ibu meninggal dunia..
Akankah kita sempat membalas jasa jasanya?
sayangilah seorang ibu sebelum dia pergi meninggalkan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar