Jumat, 11 Mei 2012

Cara Mengatur Keuangan Bagi Karyawan yang Bekerja Jauh dari Rumah

Tak sedikit dari Anda bekerja di kantor yang jaraknya jauh dari rumah, baik itu di luar kota maupun di luar negeri sekalipun. Jika Anda salah satunya, aspek paling penting yang harus diterapkan yaitu mengelola keuangan dengan disiplin. Hal ini sangat penting dilakukan agar Anda dapat mengeluarkan uang dengan lebih bijaksana.

"Mengelola keuangan bisa sulit ketika Anda jauh dari kota asal Anda, terutama ketika harus membuat keseimbangan antara biaya yang harus dikeluarkan, yang bisa dihindari dan uang yang harus ditabung. Tinggal di kota yang baru membuat Anda harus mengeluarkan uang sewa rumah, berbagai macam tagihan lainnya, membeli makanan dan untuk pengeluaran pribadi," ujar Rupal Gupta, seorang PR Eksekutif yang saat ini bekerja jauh dari rumahnya.

Sebelumnya Wolipop sudah membahas cara untuk mengatasi hal tersebut pada bagian pertama . Untuk mengetahui lebih lanjut, simak beberapa tipsnya di bawah ini, seperti dikutip dari Idiva.

1. Gunakan Smart Banking
Menggunakan smart banking dapat mempermudah Anda untuk meriksa saldo dan melakukan pembayaran tagihan secara online. Anda juga bisa melakukan transkasi atau transfer uang untuk keluarga di rumah secara mudah. Rajendra Ghag, Wakil Presiden Eksekutif dan Kepala SDM dan Administrasi mengatakan, "Bila pindah ke kota lain karena pekerjaan, penting untuk Anda memiliki rekening bersama dengan pasangan atau anggota keluarga lain, sehingga dapat melakukan transaksi secara mudah."

2. Pesan Tiket Sejak Awal
Saat ini banyak layanan penerbangan udara yang menawarkan tiket dengan harga murah jika dibeli dari jauh-jauh hari. Jadi sebaiknya rencanakan perjalanan Anda untuk berlibur pulang ke rumah sedini mungkin.

3. Hindari Pemakaian Kartu Kredit Berlebih
Perlu diingat bahwa fungsi kartu kredit adalah untuk memberikan rasa aman dengan tidak membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak, bukan sebagai alat untuk memudahkan Anda berhutang. Jadi, sebelum memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, pertimbangkanlah terlebih dahulu.

4. Pilih Provider yang Tepat dan Murah
Memilih provider yang tepat dan murah dapat mempermudah Anda untuk tetap berhubungan dengan keluarga. Jika Anda pengguna smart phone, bisa mengambil paket untuk mengaktifkan layanan internet dan messanger yang sesuai dengan frekuensi penggunaannya.

5. Mulailah Berinvestasi dan Menabung
Mulai sekarang Anda harus berusaha untuk menyimpan uang sedikit demi sedikit untuk mengatasi situasi sulit dalam keadaan yang tak terduga. Jangan sampai terperangkap utang jika tidak mempunyai uang simpanan. Jadi, Untuk mendapatkan kehidupan yang nyaman salah satunya yaitu dengan didukung oleh dana yang telah ditabung atau diinvestasikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar